Wednesday, June 08, 2005

Saputangan dari Bandung Selatan

Sapu tangan sutra putih
dihiasi bunga warna
Sumbang kasih jaya sakti
di selatan Bandung raya


Tak banyak yang seumuran saya menyukai Ismail Marzuki (selanjutnya IM). Di internet pun lebih terkenal Taman Ismail Marzuki ketimbang empunya nama. Karenanya, tak heran juga susah mencari album musik karya IM bahkan di kota segede Jakarta.

Setelah dua pekan mencari, akhirnya ketemu juga CD yang saya inginkan di Disc Tara Plaza Semanggi. Sebelumnya, saya mencari di Disc Tara Blok M. Waktu itu, pelayan mengatakan, album yang saya cari sudah habis.

Belakangan memang ujug-ujug muncul hasrat beli album Bang Ma’ing—panggilan akrab IM. Mungkin gara-gara Slank bawain Juwita Malam setelah sebelumnya Beby Romeo. Di mana pun berada lagu-lagu karya Pahlawan Nasional itu terngiang. Saat jongkok di kloset pun selalu tergoda menyenandungkan lagu-lagu lama itu.

Album yang baru saja dibeli bukan yang pertama. Dulu, waktu masih SD, ayah pernah beli kasetnya. Tapi akhirnya rusak karena kusut. Masalah klasik kaset.

Lagu favorit saya adalah “Saputangan dari Bandung Selatan” yang petikan liriknya tertulis di atas. Tapi, yang paling agung, menurut saya, adalah “Gugur Bunga.” Setuju gak?

Merinding kalau mendengar alunan Gugur Bunga. Jadi inget jenderal-jenderal yang dibunuh di film G30S/PKI di TVRI dulu. Apalagi dibawakan dengan instrumen biolanya Bang Idris. Duh, menyayat hati.

2 Comments:

At 11:06 PM, Blogger ewink said...

Waktu kuliah gw juga sempat ngamen keroncong-an pake lagu-lagunya Bang Ma'ing. Favorit gw sih memang Juwita Malam, Saputangan dari Bandung Selatan (karena waktu itu tinggal di Bandung, kalo ngamen di bis lagu ini paling gampang mengumpulkan recehan) dan Bandar Jakarta. Kalo udah cape, ada temen-temen yang sok-sokan mengaransemen 3 lagu ini jadi sedikit swing jazz atau bossas. Ternyata selalu tetap enak di dengar. Makanya waktu Slank bikin jadi blues, juga terasa enak. Senang nemuin orang yang juga menggemari Bang Ma'ing hari gini...

 
At 1:45 PM, Blogger eyi said...

Gue paling suka Rindu Lukisan. Eh, itu IM juga kan ya (ga yakin ;> )?

 

Post a Comment

<< Home